RSS

03. KLS PTE & Tata Boga


Game Jeopardy menggunakan Ms-Powerpoint

Aplikasi ini umumnya digunakan oleh  guru dalam mempresentasikan hasil karyanya.  Dalam pembahasan ini hanya akan memfokuskan pada bagaimana membuat game Jeopardy dan Game Konsentrasi.

1. Game Jeopardy

Jeopardy adalah sebuah Games yang saat ini menjadi favorit guru-guru SD dalam pelatihan DBE2 USAID Sul-Sel. Game ini menuntut seluruh siswa untuk terlibat secara aktif, baik sebagai peserta dalam regu atau kelompok maupun sebagai scorer (pencatat nilai menggunakan Flip Chart), operator (memainkan game melalui komputer),  Juri (menentukan regu yang mana yang pertama mengacungkan tangan atau memencet tombol) dan  Time Keeper (Penjaga waktu).  Guru dalam hal ini dapat juga dapat melibatkan diri secara aktif  baik sebagai, scorer, juri, operator komputer ataupun sebagai Time Keeper. Tetapi jika jumlah siswa cukup maka biarkan siswa yang terlibat aktif memainkan game ini dan guru hanya bertugas melakukan Assessmen sekaligus membantu siswa yang kurang terlibat  aktif dalam permainan ini.

Game ini dibangun dari aplikasi Microsoft Power Point dan membuatnyapun juga tidaklah terlalu sulit. Tampilan utama dari Game ini biasanya dibuat seperti pada gambar dibawah:

Jeopardy GameJeopardy Game

Pada gambar dapat dilihat bahwa terdapat kategori-kategori dengan bobot nilai dari 100 sampai 300.  Bobot nilai di atas juga menunjukkan tingkat kesukaran soal yang akan dimaninkan. Soal dengan kategori 100 tentu adalah soal yang jauh lebih mudah dari soal  berkategori 200 maupun 300.  Begitu juga soal  kategori 200 adalah merupakan soal yang tingkatannya jauh sulit dari soal  kategori 100 tetapi sedikit lebih mudah dari soal   kategori 300.  Sedangkan soal   kategori 300 memang benar-benar soal yang telah dipilih dengan tingkat kesukaran yang jauh lebih sulit dari soal  kategori 100 dan 200. Sehingga dapat dikatakan bobot soal tersebut adalah mudah sedang dan sulit. Guru dapat  memainkannya di kelas hanya dengan 1 komputer dan LCD Proyektor.

Cara memainkannya adalah sebagai berikut:

  1. Jika dalam kelas Anda siswa 30 orang maka buatlah paling tidak 9 Kelompok/regu  (misal Regu A sampai Regu J dengan nama kelompok masing-masing. Tiga siswa lainnya sebaiknya ditunjuk sebagai scorer, operator,   Juri dan guru sebagai Time Keeper. Dengan demikian semua siswa terlibat aktif dalam game.
  2. Buat Aturan main misalnya terdapat soal dengan kategori wajib dan rebutan. Soal wajib untuk regu yang mendapat giliran untuk memilih soal tidak mendapatkan denda nilai (misal -50) jika menjawab soal salah dan mendapat nilai sesuai ketegori yang dipilih (nilai 100, 200 atau 300)  jika menjawab soal dengan benar.  Untuk soal rebutan  bagi regu yang menjawab soal dengan benar mendapatkan nilai sesuai kategori dan jika menjawab soal salah mendapat denda nilai sesuai kategori.
  3. Waktu untuk menjawab setiap soal sebanyak 15 detik setelah soal dibacakan oleh operator
  4. Setelah semua soal telah terpilih maka scorer akan membacakan nilai tertinggi yang diperoleh setiap regu.
  5. Jika memungkinkan guru dapat memberikan hadiah untuk memberikan motivasi kepada siswa pemenang
  6. Setelah itu guru memberikan refleksi untuk penguatan pada hari itu.

Cara membuat Game ini sebagai berikut:  (please wait)

2. Game Konsentrasi

Game konsentrasi adalah sebuah game yang dibuat menggunakan aplikasi powerpoint. Game ini sangat disukai oleh guru-guru yang ikut dalam pelatihan paket DALI (Developing Active Learning with ICT) yang diselenggarakan oleh DBE2 USAID pada Sembilan Kabupaten Sulawesi Selatan.

Cara kerja game ini adalah  meminta kepada kelompok peserta untuk menebak “aktifitas”, “peristiwa” atau “nama” melalui sebuah  gambar yang ditampilkan melalui  slide powerpoint  yang ditutup kotak-kotak yang berukuran sama besar. Kotak-kotak  penutup gambar  selanjutnya akan dibuka satu persatu sehingga gambar secara perlahan-lahan akan terbuka dan peserta akan mencoba menebak gambar tersebut. Kelompok yang dapat memberikan jawaban yang benar akan diberi point 100 dan nol atau mendapatkan nilai minus jika  menjawab soal dengan salah (bedasarkan aturan main).

Cara Memainkan Game:

  1. Bagi peserta kedalam kelompok yang sama besar,  jika ada siswa yang tersisa maka mintalah untuk menjadi opertor komputer, juri ataupun skorer.
  2. Mintalah masing-masing kelompok untuk menunjukkan siapa juru bicaranya.
  3. Sampaikan aturan main misalnya ada pertanyaan wajib dan pertanyaan rebutan. Pertanyaan wajib yang dijawab dengan betul mendapatkan nilai 100 sedangkan jika menjawab salah tidak mendapatkan nilai (nol). Pertanyaan wajib yang mampu dijawab dengan benar dapat direbut oleh kelompok lain dan jika diawab dengan benar kelompok tersebut mendapat point 100 dan jika dijawab salah mendapat denda nilai minus 50 (buat aturan main sesuai kesepakatan).
  4. Mainkan game sampai selesai
  5. Setelah permainan selesai mintalah skorer untuk membacakan nilai peroleh tertinggidari para peserta
  6. Mintalah kelompok peserta yang berkualifikasi sebagai juara 1,2 dan 3 untuk tampil kedepan untuk mendapatkan penghargaan tau hadiah jika ada.
  7. Guru melakukan refleksi

Cara Membuat Game pada aplikasi Ms-PowerPoint 2003  (please wait)

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: