RSS

Membuat sendiri VCD/DVD Manasik Haji dan Umrah

29 Jul


Alhamdulillah beberapa waktu lalu, Allah mencukupkan rezki kami untuk berangkat umrah bersama keluarga melalui Travel Arminasari  pimpinan Ustad H. Mustari Ago yang berlokasi di Kompleks PU Makassar. Jamaah umrah mendapatkan pembekalan sebelum berangkat minimal 2 kali manasik. Saya mengikuti 2kali rangkaian kegiatan tersebut pada saat 1 minggu sebelum berangkat dan pada saat 2 hari sebelum berangkat umrah. Sebenarnya dari 2 kali kegiatan tersebut saya dan keluarga sudah mendapatkan banyak informasi tentang tatacara dari kegiatan tersebut, tetapi saya ingin menguatkan informasi saya tersebut dengan mencoba mencari tahu gambar atau video melalui internet.

Saya mencoba melakukan searching dan Alhamdulillah begitu banyak informasi yang bisa kita dapatkan melalui link-link yang saudara-saudara kita sudah simpan di internet. Apakah itu tuntunan tentang tatacara pelaksanaan haji dan umrah beserta do’a-doanya maupun merupakan pengalaman dari perjalanan Haji dan Umrah tersebut. Saya kepikiran untuk mengabadikannya ke dalam VCD/DVD agar dapat ditonton oleh Istri, Mertua dan Ipar serta keluarga lainnya yang siap menjadi supporter ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Saya kemudian mencoba mencoba mengumpulkan aplikasi yang akan saya gunakan untuk mewujudkan hal tersebut. Berikut daftarnya:

  1. Download aplikasi Free YouTube Video Download 6.0; aplikasi ini gratis di Internet
  2. Download aplikasi Sothink Video Converter; untuk mengkorversi video ke format yang sesuai dengan aplikasi Burning CD yang Anda.
  3. Instalasi Aplikasi Burning CD menggunakan Nero, NTI, Burn my Files dan BurnAware Free; saya menggunakan aplikasi yang terakhir sekalipun di PC saya semua aplikasi di atas tersedia.
  4. Siapkan bahan-bahan video manasik Haji dan Umrah yang telah Anda download melalui youtube.

Langkah pertama saya kemudian menuju www.youtube.com untuk mencari video-video yang saya akan gunakan tersebut.Saya mendapati beberapa alamat sebagai berikut:

  1. Panduan Lengkap Haji dan Umroh
  2. Panduan Mengerjakan Ibadah Haji Dan Umrah
  3. Dan lain-lain (Silahkan Searching sendiri ya?)

Cara mendownloadnya silahkan gunakan cara masing-masing, saya menggunakan aplikasi aplikasi Free YouTube Video Download 6.0 di atas seperti berikut:

Free Youtube Video Converter

Cukup mencopy paste alamat video yang akan di download pada kotak di bawah tulisan “Youtube video url”, kemudian akhiri dengan menekan tombol “Download Video”.Selanjutnya Anda akan diminta untuk menentukan folder mana file video tersebut akan Anda simpan. Selain itu perhatikan juga tipe file yang didukung oleh converter video atau aplikasi burning yang Anda gunakan. Saya memilih type file pada kotak Save As type dengan ekstensi *.flv karena file ini didukung oleh aplikasi Sothing Video Converter yang saya gunakan. Anda sebaiknya menyesuaikan type filenya jika menggunakan converter lain. Tetapi jika type file yang Anda download sudah berekstensi *.avi, *.mpg, *.dat atau *.mov maka proses konverter tidak perlu lagi Anda lakukan. Karena ekstensi-ekstensi ini didukung oleh aplikasi Nero, NTI, Burn my Files atau BurnAware Free.

Simpan Video

Selanjutnya Anda akhiri dengan menekan tombol “Save”, maka proses download segeraka akan dilakukan sampai selesai pada tempat penyimpanan yang Anda tentukan. Dengan cara yang sama kita lakukan untuk mendowload video-video lainnya. Setelah semua video berhasil di download maka langkah selanjutnya adalah proses konversi file-file video ke format yang sesuai dengan aplikasi burning yang digunakan.

Langkah selanjutnya setelah semua video terkumpul adalah tahap konversi file video menggunakan aplikasi Sothink Video Converter atau aplikasi lain yang sejenis.

Sothink Video Converter

Silahkan membuka file-file video yang akan dikonversi, kemudian tentukan  ekstensi file Anda gunakan seperti *.avi, *.mpg, *.mov atau *.vob.  Untuk kualitas DVD pilih ekstensi *.vob, secara lengkap ekstensi file dapat dilihat seperti pada gambar di bawah:

extensi video

untuk kualitas DVD maka silahkan mengklik DVD Video -PAL (*.VOB), kemudian selanjutnya tentukan alamat folder tempat menyimpan data Anda melalui fasilitas output folder. Setelah itu akhiri dengan mengklik tombol convert (dot berwarna merah) yang terletak pada bagian atas. Setelah langhkah ini selesai maka sebagai langkah terakhir adalah proses burning ke media CD/DVD agar dapat diputar pada media player. Sehingga kita tidak lagi harus terkoneksi dengan internet langsung untuk menontonnya melalui youtube.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) PTIK FT UNM

Kerjakan tugas dengan serius, tepat waktu InsyaAllah Anda sukses!

Multimedia Pendidikan PTIK FT UNM

Kerjakan Tugas dengan Serius, Tepat Waktu, InsyaAllah Anda Lulus!

pippk

Praktek Instalasi Perawatan dan Perakitan Komputer - PTA FT UNM

Belajar Bahasa Pemrograman

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

CD Interaktif Multimedia

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Multimedia Pembelajaran Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Ajar Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Teknik Multimedia Web Blog

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini : by Mustamin Tewa'

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

sehat news

informasi seputar kesehatan terkini

amadnoy

the minimalis news

%d blogger menyukai ini: