RSS

Tips Mengatasi Menu WordPress yang Tidak Tampil

10 Feb

Menu WordPressSaya menemukan kasus di mana saya telah mengupdate halaman wordpress saya tetapi setiap saya preview untuk melihat hasilnya, tampilannya selalu mengingat  keadaan sebelumnya pada saat saya belum melakukan update data. Ada apa ya..?, pikirku. Saya mencoba meminta siswa-siswa saya untuk meload halaman yang sama, ada di antara komputer yang sama sekali tidak dapat melihat tampilan tersebut sementara siswa yang lainnya dapat melihat menu-menu yang baru saya tambahkan pada halaman tesersebut. Kalau demikian bagaimana siswa-siswa saya dapat mendownload materi atau mengerjakan soal-soal yang saya berikan?

Saya mencoba memberikan perintah, coba di refresh dulu komputernya atau mungkin di restart ulang supaya memori komputernya mengingat baru halaman-halaman yang akan diload tersebut. Dan hasilnya…eh sama saja, tetap tidak dapat menampilkan halaman yang baru ditambahkan tersebut. Kemudian saya berfikir apa mungkin karena saya masih menggunakan layanan free (tidak berbayar) sementara blog saya mulai ramai dikunjungi oleh para siswa untuk mengambil materi pelajaran yang saya sharing.

Dalam suasana pikiran yang sedang galau tersebut saya mencoba cara lain. Oh…iya mari kira coba mengecek Browser Mozilla kita, coba kita melakukan “Clear Recent History”, siapa tahu ini membantu. Ternyata browser yang digunakan oleh siswa-siswa saya tersebut juga ada beberapa versi. Saya sendiri menggunakan Mozilla versi 18.0.2 dengan tampilan klasik dengan menu-menu yang tersusun menyamping, tetapi yang lain tampilan Mozillanya  tampil hanya dengan tombol Mozilla pada sudut kiri atas. Sebenarnya versi berapapun yang kita gunakan semuanya memiliki fasilitas “Clear Recent History” tersebut. Hanya mungkin letaknya berbeda. Versi mozilla yang kebetulan menggunakan tab-tab menu menyamping seperti yang saya gunakan, letaknya berada pada tab  Tools yang selanjutnya pilih  “Clear Recent History”. Tetapi bagi mereka yang menggunakan versi yang lebih baru seperti hanya menampilkan satu tombol Mozilla pada sudut kiri atas tersebut tentu terlebih dahulu klik tombol Mozilla tersebut sehingga menu drop downnya muncul ke bawah kemudian pada sorot tulisan “Clear Recent History” tersebut yang juga letaknya pada bagian atas. Tetapi kalau cara-cara ini kelihatan ribet versi berapaun yang kita gunakan bisa juga mengunakan perintah keyboard Ctrl+Shipt+Del, yang selanjutnya akan menampilkan kotak dialog seperti pada gambar di bawah.

Clear All HistoryCentang beberapa pilihan pada kotak combo box kemudian akhiri dengan menekan tombol Clear Now.  Alhamdulillah setelah komputer siswa-siswa saya di restart ulang semuanya dapat menampilkan tampilan halaman yang baru saya tambahkan tersebut.

🙂 Jika saudaraku memiliki informasi cara-cara lain berkaitan dengan hal tersebut di atas, tentu sangat menarik jika saudaraku berkenan berbagi. Siapa tahu ada saudara kita, adik-adik kita yang barangkali sangat membutuhkan tips tersebut. Jangan pernah pernah berfikir cara itu terlalu sederhana untuk di bagi. Tetapi pikirkan ada-ada saja selalu orang yang membutuhkan tips-tips tersebut.

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 10 Februari 2013 in Uncategorized

 

One response to “Tips Mengatasi Menu WordPress yang Tidak Tampil

  1. andihalizaayuni

    12 Februari 2013 at 12:44 AM

    ________________________________

     

Tinggalkan Balasan

 
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) PTIK FT UNM

Kerjakan tugas dengan serius, tepat waktu InsyaAllah Anda sukses!

Multimedia Pendidikan PTIK FT UNM

Kerjakan Tugas dengan Serius, Tepat Waktu, InsyaAllah Anda Lulus!

pippk

Praktek Instalasi Perawatan dan Perakitan Komputer - PTA FT UNM

Belajar Bahasa Pemrograman

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

CD Interaktif Multimedia

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Multimedia Pembelajaran Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Ajar Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Teknik Multimedia Web Blog

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini : by Mustamin Tewa'

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

sehat news

informasi seputar kesehatan terkini

amadnoy

the minimalis news

