RSS

Pusing Menyelesaikan Soal % SD

15 Jan

Saya sedang menonton di depan TV bersama istri saya, tiba-tiba anak saya yang sedang duduk dibangku kelas V SD datang dan menyodorkan soal matematika. Sambil menghela nafas saya bertanya balik  mana soalnya. Setelah saya lihat dengan tulisan seperti cakar ayam yang tidak terbaca jelas saya mengembalikannya sambil berkata bacakan saya soalnya!. Eits…ambil dulu whiteboard kecil diruang tamu depan. Kemudian anak saya berlari menuju ruang tamu dan tak lama kemudian dia datang dengan papan tulis dan boardmaker di tangannya. Silakan bacakan soalnya!

Soal 1.Jumlah Kelinci Usi 25, diketahui 7 kelinci Jantan, sisanya adalah kelinci betina, berapa persenkah kelinci jantan terhadap kelinci betina?

Soal 2.
Murid kelas 5 berjumlah 56 orang, Pandai matematika sebanyak 12 orang. Sedangkan sisanya gemar berolahraga. Berapa persenkah antara yang panai matematika dengan yang senang berolahraga.

Soal 3.Kelereng soni berjumlah 60 butir. Kelerang sebanyak 24 sedangkan sisanya berwarna biru. Berapa persenkah antara kelerang merah dan biru?

Sekalipun sesungguhnya saya tidak terlalu suka pelajaran berhitung namun dengan sedikit percaya diri ditambah usia dan pengalaman yang cukup saya pikir, saya dengan mudah dapat menjawab soal pertama:

Diketahui:
Kelinci Usi = 25
Kelinci Jantang = 7
Kelinci Betina=….?
Saya mencoba menantang anak saya dengan pertanyaan berapa kelinci ditambah 7 kelinci supaya cukup menjadi 25 kelinci?
Kira-Kira kalau ditulis:  X + 7 = 25 atau bisa juga ditulis 25 – 7=X , anak saya menjawab 18 ayah! ok benar jawaban kamu.

Kan jumlah kelinci seluruhnya ada 25,  jumlah itu berarti sama dengan 100% ya? nah, kalau 50% nya? atau setengah dari keseluruhan jumlah kelinci berapa? atau…bagiduanya dari total jumlah kelinci tersebut berapa?
setelah sedikit berfikir dijawab 12.5 ayah. Ok bagus! Kalau 1/2 lagi dari nilai 12.5 berapa? atau jika nilai 12.5 ini dibagi dua lagi (50%) dari jumlah ini berapa?
wah…ternyata saya juga berfikir apa anak saya ngerti dengan pertanyaan saya ya? kayaknya penyelesaian yang saya lakukan semakin rumit dan menjauh dari TKP pikirku sendiri. Dengan sedikit bantuan saya menjawab 6.25. Lalu anak saya bertanya balik lalu berapa kalau 7% ayah? itu dia yang baru kita terka-terka jawabannya.

Oh…kita pindah ke depan diruang tamu, saya akan mengerjakan soal ini menggunakan aplikasi Excel pasti bisa terselesaikan dengan mudah. Berapa menit kemudian saya menyalakan Laptop dan membuka aplikasi Excel langsung membuat tabel-tabel sebagai berikut:
Hasil-Olah-Excel
Setelah itu saya memblok tabel kelinci jantan dan nilainya berikut Kelinci betina dengan nilainya. Setelah itu mengklik Tab insert kemudian pilih icon insert a pie chart (untuk menampilkan grafik dalam bentuk lingkaran yang disertai nilai presentasinya).Dengan cara yang sama saya lakukan pada tiga soal tersebut sehingga diperoleh nilai seperti pada Tabel Excel di samping.

pie-kelinciCoba lihat jawaban-jawaban dari penyelesaian ini cepat kan untuk menjawabnya, lain kali jika mendapati soal yang sejenis kerjakan dikomputer ini saja. Kan tidak selamanya ayah ada di rumah untuk bisa membantu kamu.
Kemudian anak saya kembali bertanya cara mendapatkan nilai ini bagaimana? Saya juga jadi bingun bagaimana memberi jawaban pasti dengan pendekatan yang lebih mudah dari apa yang saya saat saat ini. Kemudian saya kepikiran untuk searching melalui paman Google untuk mencari tahu jawabnnya. Paka Kota Seach Engine saya menulis contoh soal persentase. Beberapa detik kemudian keluarlah sejumlah alamat link yang siap di pelajari. Saya kemudian memilih salah satu link yaitu:
http://www.file-edu.com/2012/05/cara-menghitung-persentase_23.html. Saya kemudian langsung membacanya dan setelah itu saya jelaskan kepada anak saya supaya mengerti apa yang saya ucapkan.

contoh-soal-presentaseDari rumus inilah saya dapat menjelaskan kepada anak saya dengan mudah.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 Januari 2013 in Excel, Matematika SD

 

Tinggalkan Balasan

 
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) PTIK FT UNM

Kerjakan tugas dengan serius, tepat waktu InsyaAllah Anda sukses!

Multimedia Pendidikan PTIK FT UNM

Kerjakan Tugas dengan Serius, Tepat Waktu, InsyaAllah Anda Lulus!

pippk

Praktek Instalasi Perawatan dan Perakitan Komputer - PTA FT UNM

Belajar Bahasa Pemrograman

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

CD Interaktif Multimedia

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Multimedia Pembelajaran Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Ajar Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Teknik Multimedia Web Blog

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini : by Mustamin Tewa'

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

sehat news

informasi seputar kesehatan terkini

amadnoy

the minimalis news

