RSS

Membuat Awan Kata dengan Wordle

03 Des

Wordle adalah sebuah aplikasi online untuk membuat awan kata, dengan berbagai model yang disukai. Sejauh ini banyak dikalangan teman-teman saya  menggunakannya membuat awan kata yang selanjutnya di cetak untuk di sablon ke baju kaosnya.  Sebagian yang lain menjadikan awan kata ini sebagai banner di kelas elarning mereka, tetapi sebenarnya itu semua  sangat bergantung pada pertanyaan untuk apa awan kata ini kita buat.  Berikut beberapa contoh yang dapat dibuat dengan sangat mudah.

 

 Untuk memulainya Anda dapat langsung ke situsnya yaitu http://www.wordle.net/ dan langsung membuat awan kata   sesuai dengan keingian kita.  Untuk memulainya mulailah dengan mengklik tombol create dan selanjutnya Anda akan diperhadapkan dengan kotak kosong sebagai tempat kerja Anda. Di atas kotak ini tertuli “Paste in a bunch of text”, maksudnya adalah Anda dapat mengcopy paste tulisan dari aplikasi lain yang telah anda buat.

Selanjutnya, pada kotak kosong tersebut masukkan kata-kata yang Anda akan buat awan katanya, kata yang diaharapkan muncul dengan tampilan yang ukurannya lebih besar harus diulang beberapa kali, sedangkan kata yang diharapkan tampil dengan ukuran yang lebih kecil sedapat mungkin hanya di ketik sebanyak satu kali saja atau lebih sedikit dari kata lainnya. Akhiri dengan mengklik tombol “Go” yang terletak pada bagian di bawahnya. Jika pada komputer Anda sudah terinstall Java PlugIn maka pada komputer Anda sudah pasti menampilkan awan kata yang barusan Anda buat. tetapi jika ternyata tampilannya blank (tidak sukses). Maka biasanya yang diminta adalah dengan menginstalasi Java PlugIn terlebih dahulu atau Anda dapat mengklik link berikut: http://www.java.com/en/download/index.jsp . Ok selamat membuat awan kata!

Catatan: tentu aplikasi ini tidak untuk dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Corel Draw atau Adobe Photoshop, tetapi aplikasi online ini hanya dipertukkan bagi mereka yang ingin membuat sebuah awan kata secera cepat atau ingin melakukan eksplorasi yang berbeda sebelumnya.

Awan kata yang sudah jadi selanjutnya masih dapat di edit, mengubah language, jenis font, layout dan warnanya (color). Atau Anda juga bisa melihat langsung perubahannya  dengan cukup mengklik tombol Randomize yang terletak di bawah jendela preview awan kata Anda. Setelah itu Anda juga dapat menyimpan hasil karya Anda supaya dapat dilihat oleh pengguna lain dengan mengklik “Save to Public Gallery”.  Sampai di sini saya biasaya mencuplik tampilan preview ini menggunakan aplikasi HyperSnap atau aplikais capture lain untuk selanjutnya saya jadikan sebagai banner atau mencetakya ke kertas trasfer paper untuk saya cetak melalui mesin sablon digital saya. Thanks.

 
 

3 responses to “Membuat Awan Kata dengan Wordle

  1. arman budiman

    3 Desember 2011 at 7:51 AM

    keren sekalian saya ya, di buatkan kaos😀

     
    • teknikmultimedia

      7 Desember 2011 at 12:55 AM

      Mantap gan…he..he..

       
  2. Caleb Sudanekre

    26 Desember 2011 at 10:18 AM

    In doing this, I loved the duality of place, the notion of online presence the physicality of connecting from here to there by posted mail.

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) PTIK FT UNM

Kerjakan tugas dengan serius, tepat waktu InsyaAllah Anda sukses!

Multimedia Pendidikan PTIK FT UNM

Kerjakan Tugas dengan Serius, Tepat Waktu, InsyaAllah Anda Lulus!

pippk

Praktek Instalasi Perawatan dan Perakitan Komputer - PTA FT UNM

Belajar Bahasa Pemrograman

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

CD Interaktif Multimedia

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Multimedia Pembelajaran Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Ajar Interaktif

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini.

Teknik Multimedia Web Blog

Apa yang bisa kita berikan untuk Negeri ini : by Mustamin Tewa'

WordPress.com

WordPress.com is the best place for your personal blog or business site.

sehat news

informasi seputar kesehatan terkini

amadnoy

the minimalis news

%d blogger menyukai ini: