RSS

9 Keyword Penipuan, Teror atau Intimidasi

11 Jan

Dari berbagai modus penipuan dapat dibuat list sebagai berikut:

  1. Ada yang mengirim surat resmi menggunakan modal stempel dari salah satu perusahaan ternama yang memberitakan bahwa Anda menang  undian, terkirim ke Alamat Anda dengan tepat dan Anda pasti mempercainya bahwa itu benar???
  2. SMS dengan kiriman pesan minta dikasihani dengan alasan tertipu, kecelakaan, kena musiba, atau lainnya tetapi ending skenarionya semua berujung pada permintaan untuk dikirimi pulsa atau  uang seikhlashnya  dari Anda.
  3. SMS iseng seoalah-olah dia adalah perempuan yang  salah kirim SMS atau dengan segaja meminta berkenalan via SMS dengan Anda. Jika mendapat respon maka selanjutnya dia akan menggoda terus menerus melalui sms menarik dan dalam beberapa hari kemudian ujung-ujungnya karena sudah terkesan akrab, tiba tiba ada SMS lagi mengatasnamakan bahwa keluarganya sekarang sakit keras dan tidak ada biaya pulang kampung, atau ibunya sakit keras atau meninggal dunia dan meminta Anda mengirim sejumlah uang sebagai pinjaman. Dan Anda sebagai orang bodoh, tolol, bego, sok mau menolong langsung membantunya!!!!, kalaupun benar itu hanya 0,001% saja!
  4. Anda ditelpon langsung  disuatu ruangan  dengan background suasana kantor, terdengar ada kesibukan diskusi atau lainnya, bahwa Anda terpilih sebagai pemenang undian hari ulang tahun kantor Telekom, atau Stasiun TV ternama, tetapi apapun…apapun..apapun modusnya semuanya meminta Anda untuk menuju kemesin ATM untuk melakukan transaksi. Harapannya Anda adalah orang yang tidak mengerti atau baru mengenal fitur mesin ATM sehingga Dia si-Jahannam akan menuntun Anda untuk melakukan klik-klik sana-sini. Ingat hanya ada dua jebakan yang umum mereka lakukan pada ATM yaitu trasnfer Pulsa atau Transfer uang ke nomor rekening tujuan yang disebutkannya dengan nominal tidak bulat menggunakan angka-angka unik. Ada yang mendahului dengan mengecek saldo Anda terlebih duhulu ada juga yang langsung saja dan kalau gagal langsung melarikan diri dengan menoneaktifkan telepon.
  5. SMS bahwa Dia telah mensurvey rumah Anda dan berminat membelinya kemudian  menitip nomor ponsel suaminya yang sebenarnya adalah si-Pelaku juga yang akan menerimanya semua berujung di ATM. Tetapi dari beberapa SMS yang saya terima semua isi SMSnya sama.
  6. Ada juga yang berani melakukan transaki benaran dengan mentranfer uanganya terlebih dahulu ke rekening Anda, kemudian beberapa menit kemudian batal dengan alasan yang sangat menyedihkan lalu meminta uangnya kembali untuk ditransferkan sekarang juga. Biasanya diwaktu-waktu yang sudah tutup kantor atau kurang menguntungkan. Yah..terserah apa Anda akan mengembalikannya atau kesempatan untuk membalasnya cuman hati-hati karena bisa dia menyebutkan nomer rekening yang salah kemudian complain agar Anda mengirim sebanyak dua kali. Tidak usah dilayani biarkan dia sibuk sendiri, serahkan saja urusannya ke Bank!
  7. Anda ditelepon bahwa anak atau keluarga Anda kecelakan. Dia akan berperan sebagai teman, guru, atasan langsung atau Dokter yang menangani dan meinta Anda untuk sesegera mungkin mentransfer  sejumlah uang yang ia sebutkan supaya Anank Anda terselamatkan.
  8. Apapun modusnya, Apapun Modusnya, Apapun Modusnya, umumnya mereka akan meminta Anda untuk bertransaksi Pulsa atau Uang di ATM.
  9. Waspadalah, mari meningkatkan kehati-hatian untuk modus baru lainnya!, jangan percaya kepada siapapun. Sedikit mengganggu karena ada teman tidak akan mengankat telepon dari siapapun jika tidak didahului dengan SMS terlebih dahulu (sori bagi yang belum terdaftar!), setelah di aktivasi baru diangkatnya ..kayak buat email saja!

Sudah dulu ya…? soalnya sudah ada  9 point. Tetapi menariknya kerena mereka mempelajari  Kita terlebih dahulu sehingga mereka tahu mengenai pekerjaan, propesi dan  bahkan  keluarga kita, sehingga benar-benar jika tidak berhati-hati sangat bisa mengelabui kita.

Seperti kata-kata bijak ” Banyak godaan yang datang berselimutkan kegembiraan tetapi sesungguhnya godaan itu hanya setipis kulit”. “Kejahatan yang terorganisir mampu mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir.”
Tetapi yakin dalam Firman Allah SWT memberi penguatan bahwa “Sesunggnya yang Bathil pasti akan lenyap!”

Hanya ini yang bisa kuperjuangkan karena aku tidak  bisa memberimu uang, hanya sogores tulisan yang mungkin sudah usang, tetapi semoga masih bagaikan air penyejuk bagi mereka yang dahaga. Yaa Qawiyyu Mallidhoifi Gairuka!

About these ads
 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 47 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: